Gelandang Muda Persela Sempat Tegang di TC Timnas Indonesia U-23



Infomabosway.com, Sleman – Gelandang Persela Lamongan, M. Hambali Tolib, kini jadi perbincangan pencinta sepak bola Indonesia. Setelah gol berkelas yang dibuatnya ke gawang Arema FC di Shopee Liga 1 pada Senin lalu (27/5/2019), kini dia sudah bergabung dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-23.

Hambali masuk daftar 26 pemain yang mendapat panggilan dari pelatih Indra Sjafri untuk menjalani TC di Lapangan UNY di Sleman, pada 29 Mei-10 Juni 2019.

“Sejak kemarin malam saya sudah gabung. Tentu senang karena ini pertama kali saya ke timnas. Tapi, ada rasa sedikit tegang dan kaget,” jelas pemain kidal ini.

Hambali agak kaget lantaran langsung naik kelas ke Timnas Indonesia U-23. Padahal, saat ini dia masih bisa masuk di Timnas Indonesia U-19, mengingat jebolan SKO Ragunan itu masih 18 tahun. 

Namun, bukan berarti dia jadi pemain termuda di Timnas Indonesia U-23 saat ini. Masih ada Witan Sulaiman yang usianya baru 17 tahun.

Menariknya, Hambali dan Witan kini jadi teman sekamar selama TC Timnas Indonesia U-23 ini. Kebetulan keduanya sama-sama binaan Ragunan. “Witan kemarin sudah bilang sekamar dengan saya,” lanjutnya.

Panggilan ke timnas tentu sebuah lompatan karier bagi Hambali. Sekarang dia akan lebih disorot, berbeda dengan musim lalu. Meski bermain untuk tim sekelas Sriwijaya FC, namanya kurang mencuat, sekalipun ia jadi pemain inti di putaran kedua. Sebab, Sriwijaya FC terdegradasi di akhir musim. 

Di Persela, meski dikenal sebagai tim papan tengah, dia bisa memberikan kejutan. Dia punya skill tinggi, meski berpostur kecil sehingga fans menjulukinya Messi dari Lamongan.

Tetapi, dia harus membuktikan kembali kemampuannya dalam TC Timnas Indonesia U-23, karena bebannya lebih berat.

Ujian terdekat adalah turnamen Merlion Cup 2019. Apakah Hambali bisa tampil sehebat di Persela atau tidak, bisa dilihat di sana mengingat ada gelandang lain yang sudah jadi langganan Timnas Indonesia U-23, seperti Gian Zola, Osvaldo Haay, dan yang lain.