Kalah dari Timnas Vietnam Proyeksi SEA Games 2019, China Pecat Guus Hiddink



Onlinefitnessprofits.com, Jakarta – Saat ini Timnas Vietnam, terutama senior dan level U-22, sedang jadi mimpi buruk, tak hanya buat tim-tim lawan di kawasan ASEAN. China bahkan jadi satu di antara “korban” peningkatan performa sepak bola negara berjulukan Naga Biru itu.

Pelatih Timnas China U-22, Guus Hiddink, terpaksa menelan pil pahit dipecat Asosiasi Sepak Bola China (CFA), setelah tim asuhannya menelan kekalahan 0-2 dari Timnas Vietnam U-22 proyeksi SEA Games 2019 dalam partai uji coba.

Pertandingan itu dimainkan Huangsi Olympic Sports Center, China, pada Minggu (8/9/2019).

Timnas China U-22 menggunakan laga ini sebagai rangkaian persiapan menuju Piala AFC U-23 2020 yang juga menjadi kualifikasi ke Olimpiade 2020 Tokyo, sedangkan Timnas Vietnam U-22 membidik manfaatkan uji coba ini sebagai pemanasan sebelum terjun di SEA Games 2019.

Tak hanya itu, Timnas Vietnam U-22 juga menggunakan uji coba itu untuk persiapan Piala AFC U-23 2020, lantaran mereka juga lolos ke putaran final mengingat status mereka sebagai finalis pada edisi 2018.

Uji coba ini juga terealisasi lantaran adanya kedekatan di antara kedua pelatih. Jauh sebelum membesut Timnas China U-22, Guus Hiddink mengecap kesuksesan dengan membawa Korea Selatan tampil di semifinal Piala Dunia 2002.

Ketika itu, ia yang menjabat sebagai pelatih kepala the Taeguk Warriors, dibantu Park Hang-seo sebagai asisten pelatih. Kini Park Hang-seo merupakan pelatih kepala Timnas Vietnam senior dan U-23/U-22.

Praktis, dalam uji coba lalu, bisa dibilang Guus Hiddink harus menyerah dari deputinya.

Setelah mengakhiri kebersamaan dengan Guus Hiddink, CFA lantas menunjuk pelatih Timnas China putri, Hao Wei, sebagai pelatih kepala baru untuk Timnas China U-22. Hao Wei juga dibantu mantan penyerang Timnas China, Gao Hongbo.