Penjelasan Pelatih Persebaya Setelah Mendapat Kartu Kuning di Piala Indonesia



Dua penalti yang dimaksud adalah insiden yang terjadi pada babak kedua. Pertama, bek kiri Madura United, Alfath Faathier, melakukan handball di kota terlarang. Wasit Dodi tidak menganggap itu pelanggaran sehingga pertandingan tetap berjalan.

Insiden kedua melahirkan kontroversi yang lebih besar. Itu terjadi setelah striker Amido Balde dijatuhkan oleh kiper Ridho Djazulie di kotak penalti pada menit ke-72 dalam situasi berhadapan satu lawan satu.

Wasit Dodi memang meniup peluit sebagai tanda pelanggaran. Namun, pria asal Indramayu itu malah memberi tendangan bebas untuk Persebaya. 

Manajemen Persebaya Surabaya mengaku bakal mengirim surat protes kepada PSSI terkait kepemimpinan wasit asal Indramayu itu. Mereka akan menyertakan bukti video bahwa terjadi salah pengambilan keputusan. 

Hasil pertandingan ini memang sangat berpengaruh pada kiprah kedua tim di Piala Indonesia 2018. Madura United dipastikan lolos ke semifinal setelah berhasil menang dengan agregat 3-2 dan akan berjumpa dengan PSM Makassar.