Son Terinspirasi Penampilan Park Ji-sung di Final Liga Champions


LONDON – Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min, tanpa ragu menyebut seniornya di Tim Nasional (Timnas) Korea Selatan, Park Ji-sung, sebagai inspirasi jelang Final Liga Champions 2018-2019. Pria yang dijuluki Sonaldo itu ingin pemain asal Benua Asia mendapat citra yang baik, sama seperti Ji-sung dahulu.

Park Ji-sung hingga saat ini adalah satu-satunya pemain asal Benua Asia yang pernah memenangkan Liga Champions bersama Manchester United pada 2007-2008 meski tidak tampil di final. Ia baru tampil di final semusim kemudian ketika Setan Merah takluk dari Barcelona 0-2.

Son Heung-min mengaku rela bangun pagi demi menonton pertandingan yang berlangsung 27 Mei 2009 tersebut. Pemuda berusia 26 tahun itu lantas berambisi untuk mengulangi apa yang ditampilkan Park Ji-sung 10 tahun lalu, yakni bermain di Final Liga Champions.

Park Ji-sung (Foto: Chosun Ilbo)

(Baca juga: Park Ji-sung: Son Beri Harapan Besar kepada Pemain Asia)

“Saya menghormatinya, seorang pemain yang membuka pintu buat kami ke Eropa. Sekarang saya ingin memberi citra yang baik mengenai pemain-pemain asal Korea Selatan dan membuka kesempatan untuk lebih banyak lagi,” ujar Son Heung-min, melansir dari Manchester Evening News, Rabu (29/5/2019).

“Ini target saya. Tentu saja tidak mudah. Saya berusaha menjadi seperti dirinya karena apa yang dia lakukan sangat luar biasa untuk negara kami. Saya ingat bangun pagi-pagi untuk menonton Park yang bermain buat United. Itu sangat luar biasa di Korea Selatan karena dia pemain asal Asia pertama yang bermain di Final Liga Champions. Saya menonton sebagai fans,” imbuhnya.

Son Heung-min (Foto: Spurs Official/Twitter)

Jika diturunkan oleh pelatih Mauricio Pochettino pada Minggu 2 Juni 2019 dini hari WIB, maka Son Heung-min akan menjadi pemain asal Asia dan Korea Selatan kedua yang bermain di Final Liga Champions. Tentu ia juga berharap menjadi pemain kedua yang dapat merebut trofi tersebut.