Timnas Vietnam U-23 di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020, Generasi Baru Haus Prestasi



Di saat generasi sebelumnya, era Vu Van Thanh, Luong Xuan Truong, Nguyen Cong Phuong beranjak ke timnas senior, muncul generasi baru dipimpin Nguyen Quang Hai. 

Nguyen Quang Hai merupakan salah seorang bintang di Timnas Vietnam U-23 saat ini. Dia alumnus Piala Dunia U-20 2017. Namun, ia tak sendiri. Bongdaplus menulis, di Timnas Vietnam U-23 yang tampil di kualifikasi Piala AFC U-23 2020 ini, ada 11 orang dari 21 pemain yang jadi amunisi Vietnam di Piala Dunia U-20 2017.

Hal itu berarti, hampir setengah dari total 23 pemain dalam satu tim yang diizinkan di kualifikasi Piala AFC U-2020, merupakan produk sukses Vietnam. Regenerasi yang terus berkelanjutan.

Menariknya, meski jadi satu di antara tim yang difavoritkan lolos ke putaran final, Park Hang-seo justru tak begitu yakin skuatnya kali ini mampu mengulang sukses seperti Piala AFC U-23 2018.

“Generasi pemain yang ini lebih baik secara fisik, tapi mereka tak sebagus senior mereka jika bicara perihal teknik. Pemain generasi baru ini tak bermain secara reguler di kompetisi lokal. Saya sedikit khawatir dengan penampilan mereka,” kata Park sebelum kualifikasi Piala AFC U-22 2020 mulai bergulir seperti dikutip dari Vietnam News.

Selain itu ada tantangan lain yang dihadapi Park dalam menyiapkan timnya. Ia merasa tak punya cukup waktu untuk persiapan. 

“Kami mulai menyiapkan diri untuk turnamen ini pada 6 Maret 2019, tapi beberapa pemain datang terlambat karena harus tampil di Piala AFC 2019 bersama klub mereka. Periode pemusatan latihan yang singkat membuat mereka kesulitan mengevaluasi kemampuan mereka,” imbuh Park.

Meski begitu, Timnas Vietnam U-23 mampu melewati adangan pertama di Grup K kualifikasi Piala AFC U-23 2020 dengan meyakinkan. Mereka meremukkan Brunei dengan setengah lusin gol tanpa balas.

Bisa jadi itu karena Brunei dianggap sebagai tim terlemah di Grup K. Namun yang pasti, pemain di Timnas Vietnam U-23 saat ini sangat termotivasi dengan pencapaian senior mereka.

Ditunjang keberadaan pelatih bertangan dingin, Park Hang-seo, yang didukung sekitar 10 orang dalam staf kepelatihannya, plus dukungan tuan rumah yang sedang dilanda euforia kebangkitan sepak bola, hal itu jadi perpaduan pas bagi Timnas Vietnam U-23 mencatatkan prestasi lagi.